TLH – (01/07/20) Bertempat dikantor Desa Talawi Hilie dilaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa dari Tim pemerintahan Desa Dinas Sosal Kota Sawahlunto, acara Monitoring dipimpin langsung oleh Kabid Pemdes Ibu Irma mulyadi, dengan menghadirkan Perangkat Desa Talawi Hilie dan Pengurus Badan Permusyawaratan Desa Talawi Hilie (BPD).
Acara Pembinaan dibagi menjadi 4 kelompok yaitu :
-
Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa yang dibina adalah Sekdes, Kasi Pemerintahan dan Pak Dusun
-
Bidang Kemasyarakatan yang dibina adalah Kasi Kesejahteraan dan anggota BPD
-
Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa yang dibina Kaur Perencanaan
-
Bidang Pemberdayaan Masyarakat yang dibina Kaur Umum.
kegiatan monitoring sangat dibutuhkan oleh pemerintah desa sebagai bahan evaluasi menuju perbaikan-perbaikan kinerja kedepannya. Dengan turun langsung ke Desa dalam melakukan monitoring memang sangat kami butuhkan, karena banyak hal yang bisa kami pelajari khususnya bagaimana penataan pemerintahan desa yang baik dan benar berdasarkan aturan untuk menekan kekeliruan yang sering kami lakukan di Desa Suana terutama pada kesalahan administrasi.
Sementara itu Kabid Pemdes selaku Ketua tim monitoring penyelenggaraan pemerintahan desa, Ibu Irma Mulyadi menegaskan bahwa monitoring dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut dari kegiatan pembinaan administrasi pemerintahan desa yang telah dilaksanakan rutin diawal tahun. Disamping itu, monitoring dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan kinerja penyelenggaraan pemerintahan pada aspek perencanaan dan pelaksanaan kegiatan desa, organisasi kelembagaan pemerintahan desa, evaluasi serta pelaporan.
Kegiatan monitoring penyenggaraan pemerintahan adalah kegiatan rutin yang kami lakukan setiap menjelang akhir tahun sebagai tindak lanjut dari kegiatan pembinaan administrasi sebelumnya diawal tahun untuk memonitor sejauhmana arahan kami diterapkan. Namun, jika masih dirasa ada yang kurang dipahami tentang penyelenggaraan pemerintahan Desa membuka ruang seluas-luasnya untuk berdiskusi. Silahkan koordinasi, komunikasi dan diskusi dengan OPD terkait.
Tinggalkan Balasan