Gubernur Sumbar Hadiri Panen Raya Padi di Desa Talawi Hilie

Talawi Hilie (30/03/2021) – Usai menghadiri acara Wisuda Tahfidz Siswa SDIT Cahaya Pelangi Desa Talawi  Hilie, rangkaian kunjungan kerja Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansyarullah, SP di Sawahlunto dilanjutkan dengan menghadiri panen raya padi di sawah baruah, Desa Talawi Hilie, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Selasa (30/03/2021).

Kehadiran Gubernur di Desa Talawi Hilie disambut langsung oleh ratusan masyarakat sekitar,  maupun yang tergabung dalam Kelompok Tani Maju Bersama. Masyarakat terlihat sangat antusias dan gembira dengan kedatangan Gubernur di lahan tanam padi mereka. Tak lupa masyarakat mengabadikan momen berharga ini dengan berfoto bersama Gubernur Bapak H. Mahyeldi Ansyarullah, SP.

Pandemi Covid-19 yang hingga kini masih terjadi rupanya tak menyurutkan para petani di Desa Talawi Hilie untuk tetap produktif. Hal itu tak terlepas dari peran Kepala Desa Talawi Hilie Ferdian Irwan yang terus mendorong kemajuan pertanian di Desa Talawi Hilie melalui pertemuan rutin kelompok tani.

Meski akan melakukan kegiatan memanen padi di lokasi berlumpur, tidak menyurutkan Bapak H. Mahyeldi untuk turun ke area persawahan, setelah mengganti sepatu pantofelnya dengan sepatu karet. Ia pun mengenakan topi anyaman bambu atau kerap diseput caping.

Orang nomor satu di Sumbar itu tak sungkan turun ke area persawahan dengan mengenakan pakaian dinasnya untuk mencoba menggunakan mesin panen padi dari Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat. “Alhamdulillah pada hari ini kita melakukan panen padi, mudah-mudahan ini menjadi keberkahan bagi kita semua, ” ucapnya.

Saat pertemuan dengan masyarakat kelompok tani, Gubernur H. Mahyeldi Ansyarullah, SP membicarakan tentang teknologi pertanian kepada para petani agar produksi padi semakin meningkat. Dengan adanya program kartu tani yang digulirkan oleh pemerintah melalui kerja sama dengan Bank Mandiri untuk membantu para petani didalam membeli pupuk dan obat-obatan untuk pertumbuhan padi, agar padi bisa panen dengan kualitas baik dan super dengan harapan program ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para petani.

Dirinya menambahkan pemerintah daerah selalu siap membantu petani maupun kelompok tani dalam mengembangkan pertaniannya, karena itulah, jika setiap kelompok tani merasa ada hal-hal yang diperlukan untuk pengembangan komoditas pertanian, maka pemerintah daerah selalu siap membantu melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Maju Bersama, Erizal Tamano mengapresiasi kunjungan Gubenur H. Mahyeldi Ansyarullah, dengan harapan masyarakat Tani di Desa Talawi Hilie dapat termotivasi agar produksi padi semakin meningkat.

“Alhamdulillah dengan kunjungan Bapak Gubernur Sumbar Pak H. Mahyeldi, masyarakat Tani di Desa Talawi Hilie lebih semangat dan rajin didalam merawat sawah dan padinya agar produksi padi semakin tinggi,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *