Desa Talawi Hilie Mewakili Kecamatan Talawi dalam Perlombaan Desa Tingkat Kota Sawahlunto Tahun 2018

Talawi Hilie (TH) – Pada tahun 2018 ini, berdasarkan Keputusan Camat Talawi Nomor 188.46/27/CAMAT.TLW -SWL/2018 tanggal 19 April 2018 tentang Penetapan Juara Penyelenggaraan Perlombaan Desa Tingkat Kecamatan Talawi Tahun 2018, Desa Talawi Hilie ditetapkan sebagai juara I lomba desa tingkat Kecamatan Talawi sehingga Desa Talawi Hilie berkesempatan untuk mewakili Kecamatan Talawi untuk mengikuti lomba desa berprestasi tingkat Kota Sawahlunto.

Perlombaan desa dilakukan berdasarkan pada hasil penilaian dan pemeringkatan serta tambahan syarat yaitu memiliki profil Desa dua tahun terakhir dan memiliki Peraturan Desa tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa dan Rencana Kerja Pemerintah Desa.

Lomba ini dimaksudkan untuk menentukan status tertentu dari capaian hasil perkembangan sebuah desa serta untuk mengetahui efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat serta mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat, daya saing desa dan kelurahan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Ketua Tim Penilaian Lomba Desa Kota Sawahlunto
Ketua Tim Penilaian Lomba Desa Kota Sawahlunto

TLH_0855

Pada hari Selasa (15/05/2018) telah dilaksanakan penilaian dan klarifikasi lapangan lomba desa tingkat Kota Sawahlunto di Desa Talawi Hilie. Adapun Indikator penilaiannya meliputi bidang pemerintahan, bidang kewilayahan dan bidang kemasyarakatan, yang terdiri dari beberapa aspek yaitu:

  1. bidang pemerintahan, meliputi aspek Pemerintahan, kinerja, inisiatif dan kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat, Desa berbasis teknologi informasi/E-Government; dan pelestarian adat dan budaya.
  2. bidang kewilayahan, meliputi aspek Identitas, batas, inovasi, tanggap dan siaga bencana, dan pengaturan investasi.
  3. bidang kemasyarakatan, meliputi aspek partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatanm pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK), keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan, dan peningkatan kapasitas masyarakat.
Kepala Desa Talawi Hilie, Ferdian Irwan menyampaikan Expose
Kepala Desa Talawi Hilie, Ferdian Irwan menyampaikan Expose

Presentasi Selayang Pandang (exspose) dipaparkan oleh Ferdian Irwan selaku Kepala Desa Talawi Hilie didepan Tim Penilai yang terdiri dari beberapa unsur OPD Kota Sawahlunto, dilanjutkan dengan penilaian sesuai dengan indikator yang ada. Pemenang lomba ini akan mewakili Kota Sawahlunto untuk mengikuti lomba desa tingkat Provinsi.

Penilaian perlombaan desa ini mengandung makna tersendiri karena dapat memberi motivasi dan memacu semangat bagi perangkat desa, lembaga – lembaga desa dan masyarakat untuk berlomba dan bersaing secara sportif dan positif dalam membangun fisik desa dan membenahi administrasi pemerintah desa yang sudah ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *