Tingkatkan Pelayanan, Pemdes Talawi Hilir Sawahlunto Manfaatkan Media Sosial

Covesia.com – Meningkatkan performa dan efektifitas komunikasi dengan masyarakat, Pemerintah Desa (Pemdes) Talawi Hilir, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, lakukan inovasi dengan pemanfaatan media sosial. Terbukti, banyak keuntungan yang diperoleh Pemdes setempat maupun masyarakat dengan penggunaan komunikasi “kekinian” tersebut.

Kepala Desa Talawi Hilir, Ferdian Irwan kepada Covesia, Sabtu, (14/10/2017)mengatakan, bahwa memang tingkat antusiasme masyarakat berkomunikasi dengan Pemdes melalui jaringan media sosial terbilang cukup tinggi. “Antusias masyarakat sangat bagus dengan hadirnya Pemdes di sejumlah jaringan media sosial ini. Ini memang inovasi yang kita gerakkan karena kita lihat bisa meningkatkan performa dan efektifitas kinerja,” sebutnya.

Disampaikan Ferdian, Dengan adanya laporan-laporan masyarakat melalui media sosial membuat Pemdes yang dipimpinnya memiliki kepekaan lebih. “Dengan terbatasnya personil kita, jadi memang tidak mungkin juga bagi Pemdes untuk langsung mengetahui berbagai permasalahan yang terjadi di lapangan. Untunglah dengan pemanfaatan media sosial ini, seakan Pemdes jadi punya banyak mata dan telinga,” papar dia.

Namun, ditegaskan Ferdian bahwa memang adanya media sosial ini tidak serta merta bisa langsung menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada. “Media sosial ini kan fungsinya sebagai media, perantara saja. Untuk penyelesaian masalah nantinya tentu saja melalui tindakan nyata. Tapi setidaknya, media sosial ini bisa kita manfaatkan untuk menemukan potensi masalah lebih awal sehingga tidak berlarut-larut,” pungkasnya.

Sementara itu, Dhanil salah seorang masyarakat mengaku “bahwa dengan terkoneksinya Pemdes Talawi Hilir ke media sosial membuat komunikasi dengan masyarakat lebih cepat dan terbuka. “Saya rasa sih memang banyak juga gunanya Pemdes terhubung atauonlinegitu ya. Karena jadinya kita kalau mau komunikasi, ada yang mau disampaikan bisa spontan lapor lewat akun Facebook atau WhatsApp Pemdes itu”, ujarnya

Sehingga, hal tersebut telah meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memberikan laporan, saran dan kritikan bagi Pemdes tersebut, tambah Dhanil

Reporter Sawahlunto: Haris Rahman

Sumber : Covesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *