Pemdes Talawi Hilie Serahkan Pengelolaan Aset Guna Berdayakan Bumdes

Talawi Hilie (TH) – Dalam rangka memberdayakan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Pemerintah Desa (Pemdes) Talawi Hilie Kecamatan Talawi, akhirnya menyerahkan sejumlah aset desa untuk dikelola secara maksimal.

Adapun aset desa yang diserahkan, berupa modal awal sebesar Rp 505.000.000,- Penyerahan tersebut dilakukan oleh Kepala Desa (Kades) Talawi Hilie Ferdian Irwan atas nama Pemdes Talawi Hilie yang diterima oleh Direktur Bumdes Talago Ameh Hendri Lobuoh Nan Sati. Acara penyerahan aset desa ini juga disaksikan oleh Ketua BPD, Perangkat Desa dan pengurus Bumdes Talago Ameh.

IMG20181218144213

Kades Talawi Hilie Ferdian Irwan mengatakan, bahwa aset yang diserahkan tersebut merupakan aset yang selama ini dikelola oleh desa.

“Aset-aset ini kemudian disepakati dalam musyawarah desa tahun 2018 lalu akan diserahkan ke BUmdes, yang mana penyertaan modal tersebut untuk usaha peternakan itik petelur dan sapi pedaging, mitra usaha dengan masyarakat Desa Talawi Hilie yang menggunakan dana desa APBDes 2018,” kata Kades Talawi Hilie, Selasa (18/12/2018).

Dengan penyerahan ini, Bumdes Talago Ameh resmi beroperasi dan menjalankan tugas bisnisnya sesuai yang termuat dalam Permen Desa Nomor 4 tahun 2015 tentang Bumdes.
“Selanjutnya untuk perencanaan APBD 2019 yang sementara kami susun ini, penyertaan modal ke Bumdes tetap akan kami alokasikan nantinya dalam rapat musyawarah desa, agar Bumdes Talago Ameh nantinya benar-benar bisa menjadi kuat, baik dalam hal pengelolaan administrasi maupun pengelolaan keuangan guna mempercepat proses kemandiriannya,” jelas Kades.

Lanjut Ferdian Irwan, kehadiran Bumdes Talago Ameh disamping amanat regulasi, juga diharapkan sebagai tulang punggung desa untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD). Oleh karena itu, Bumdes Talago Ameh diharapkan dapat menjalankan fungsi bisnis yang bersifat profid untuk mencari keuntungan dan fungsi sosial guna peningkatan pendapatan masyarakat, khususnya pendapatan di sektor peternakan/pertanian, karena sebagian besar masyarakat Desa Talawi Hilie menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian/peternakan. Admin

Silahkan Follow dan Share :
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *