Musyawarah Dusun (MusDus) Talago

TALAWI HILIE, PEMDES – Kegiatan Musyawarah Dusun Talago telah dilaksanakan pada Kamis, 14 September 2023 pukul 20.30 WIB di Surau Tanah Sirah, Dusun Talago, Desa Talawi Hilie, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto

“Sesuai dengan visi kami yaitu mewujudkan masyarakat yang Religius, Beradat dan Berbudaya Maju, Mandiri dan Sejahtera. Dalam program kerja yang akan dilaksanakan tentu yang Pertama sekali yaitu Melayani Masyarakat bersamaan dengan Motto Ramah Lingkungan, dan Ramah Pelayanan. Dan untuk kedepan, ekonomi masyarakat juga menjadi prioritas karena Talawi Hilie dikenal dengan Lumbung Padi Kota Sawahlunto. Kita juga akan memperhatikan dari segi pembangunan, seni, budaya dan adat ” Ucap Bapak Pausil Misbah, Kepala Desa Talawi Hilie

Penyusunan RPJMDes ini berdasarkan permasalahan yang ada dimulai dari tingkat dusun kemudian nanti juga akan ada musyawarah di tingkat desa.

“Harapan kerja sama yang baik antara perangkat, dusun dan juga masyarakat” Lanjut Bapak Pausil Misbah, Kepala Desa Talawi Hilie.

Pada kesempatan ini, juga masih di hadiri oleh pendamping desa, Bapak Beni Novrianto yang memberikan arahan sebelum MusDus dilaksanakan.

“Musyawarah Dusun, menggali permasalahan yang ada di dusun kita, sesuai dengan regulasi Permendes No 21 tahun 2020 dan Permendagri No 114 tahun 2014, bahwa kepala Desa Wajib menyelesaikan paling lama 3 (tiga) bulan RPJMDes.” Ujar Bapak Beni Novrianto, Pendamping Desa Talawi Hilie.

RPJMDes yang berlaku selama 6 (enam) tahun ini merupakan satu-satunya acuan dalam pembangunan desa, jika kegiatan tidak ada di RPJMDes maka tidak dapat di realisasikan.

Berdasarkan dalam arahan Bapak Beni, Musyawarah Dusun untuk pengkajian desa,
Ada 5 hal yang harus dilakukan, yaitu:
1. Apa saja permasalahan yang ada di dusun
2. Apa penyebab dari permasalahan tersebut
3. Potensi yang ada di dusun
4. Usulan
5. Memprioritaskan Kegiatan

Kegiatan Musyawarah Dusun Talago yang dipandu Oleh Ibu Elmina Zaini, S.Ap dan dioperatori oleh Ibu Nining Ristia Ningsih berlangsung dengan aman dan lancar.

#RPJMDes
#2023
#pemdestalawihilie
#MusDus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *